Kamis, 23 Februari 2017

Keris Dapur Jalak Tilam Sari

Adalah salah satu bentuk dhapur keris lurus dengan rincikan ‘gandik lugas, pejetan’ tikel alis, sraweyan, dan ri pandan.

Filosofi Dhapur Jalak Tilam Sari
“Jalak” melambangkan seorang laki-laki sebagai kepala rumah tangga, “Tileam” sebagai tempat pembaringan, tempat beristirahat atau tempat tinggal dan “Sari” adalah harum, wangi, semerbak. Jadi Jalak Tilam Sari membawa makna mendapatkan tempat berteduh yang harum senerbak baik di hadapan tempat Tuhan Yang Maha Esa maupun sesama manusia. Agar kepala rumah tangga yang bertugas mencari nafkah beserta penghuni rumah yang merawat keris berdhapur Jalak Tilam Sari akan selalu mendapatkan kemuliaan, kebahagiaan, kedamaian, nama yang harum, di hormati orang disekelilingnya dan selalu mendapat perlindungan dari Tuham Yang Maha Esa.

Pamor Pulo Tirto

Pulo Tirto artinya pulau air atau air satu pulau, para Mpu jaman dulu membuat dengan tujuan pemilik tidak pernah kekurangan sumber air dan sumber rejeki dan juga untuk ketentraman, keselamatan pemiliknya, untuk mencari rejeki, cukup wibawa dan di sayang orang disekelilingnya. Pamor ini tidak pemilih artinya siapa saja cocok memiliki keris deng pamor ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar